Program Keahlian

Rawat Flash Disk dan Hard Disk Eksternal

 

PROMO-TURUN-HARGA-flashdisk-Toshiba-3-1

 

harddisk-eksternal

Rawat Flash Disk dan Hard Disk Eksternal Agar Lebih Awet dengan Tips Berikut Ini
Nggak mesti panik data akan hilang lagi deh jadinya
Published on February 26, 2018
Sering kali jengkel karena flash disk atau hard disk drive (HDD) eksternal tak bekerja dengan baik? Tak sekedar dicolok dan dicopot, ternyata kedua aksesori yang dapat membantu menyimpan data tersebut perlu dirawat agar dapat bekerja optimal.

Nggak cuma harus meng-klik safely remove hardware atau eject saja, ternyata ada beberapa langkah lain yang kerap kali dilupakan oleh kita lho. Yuk cek selengkapnya berikut ini.

Colok HDD atau flash disk ketika diperlukan saja

Selalu biasakan untuk hanya menyambungkan flash disk atau HDD eksternal di kala kamu benar-benar ingin menggunakannya. Perangkat penyimpanan data biasanya memiliki siklus write yang terbatas, dimana kemampuan baca perangkat akan terus terpotong ketika disambungkan ke laptop atau komputermu secara konstan, meski HDD eksternal memiliki siklus write yang jauh lebih lama. Kebiasaan colok pasang juga harus dihindari agar HDD eksternal atau flash disk-mu tak kendor.

Salin data terlebih dahulu sebelum mengeditnya

Biasakan untuk menyalin data terlebih dahulu sebelum kemudian mengeditnya. Ini juga kurang lebih berhubungan dengan poin pertama. Plus, jika tiba-tiba komputer atau laptopmu mati secara mendadak, HDD eksternal atau flash disk terhindar dari pemberhentian kerja mendadak yang bisa mengakibatkan rusaknya file system di dalamnya.

Jangan lupa untuk selalu cek perangkat dengan anti-virus

Masalah utama untuk tiap perangkat komputer, terutama pengguna sistem operasi Windows, adalah virus. Biasakan untuk selalu memperbaharui aplikasi anti-virusmu untuk menjaga keamanan perangkat komputer. Tak lupa juga untuk selalu memindai virus setiap mencolokkan perangkat penyimpanan eksternalmu ke komputer atau laptop ya.

Budayakan safely remove hardware

Tak ada ruginya membuang kurang dari satu menit untuk menjalankan prosedur melepaskan perangkat eksternal dari komputer dengan menggunakan fitur safely remove hardware. Cara ini dapat menjaga data-data yang ada di flash disk atau HDD eksternal tetap aman dari corrupted lho.

Simpan di tempat yang aman dan lapisi dengan pengaman

Jangan biarkan flash disk atau HDD eksternal terbentur apalagi jatuh, bergetar terlalu kencang saja tak boleh lho. Selalu simpan perangkat eksternalmu tersebut di tempat aman, kalau bisa gunakan case juga untuk melindungi HDD eksternalmu.

Wildhan Novian

KOMENTAR / PERTANYAAN What is on your mind? Silahkan tulis di sini...

Back to Top