Program Keahlian

Lulus jurusan RPL Nanti Kerja Apa Sih..???

 

programmer

Jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) adalah jurusan / bidang keahlian yang mempelajari bagaimana cara-cara pengembangan perangkat lunak . Setelah sobat memilih jurusan ini untuk jenjang pendidikan selanjutnya , tentu sobat akan berfikir akan kemana jalan hidup selanjutnya setelah SMK . Apakah mau kuliah ? atau mau kerja ? , Kalau kuliah jurusan apa yang tepat sedangkan kalau mau bekerja langsung , kerja apa ?

Seperti yang saya baca dari beberapa buku , media internet atau dari kehidupan nyatanya , berikut pekerjaan yang dapat ditekuni oleh sobat jurusan RPL :

1, Programmer

Yang ini pasti , karena jurusan RPL adalah jurusan ngoding program . Lalu bagaimana tugas seorang programmer ? Oh iya , sebelum menjadi programmer ada baiknya sobat membaca artikel “5 Kriteria perangkat lunak dapat menghasilkan software istimewa !” agar sobat mengetahui kriteria perangkat lunak istimewa itu seperti apa aja . Dengan begitu sobat akan menjadi programmer yang istimewa juga .

 

Tugas Programmer :

1. Merancang dan membuat software (lebih pada tahap construction) dengan menulis coding menggunakan bahasa pemrograman tertentu .
2. Mengimplementasikan algoritmanya pada komputer
3. Melakukan testing terhadap software yang telah diciptakan sebelummnya .

Kiat-kiat menjadi programmer :

1. Siapin aja mental yang kuat serta pantang menyerah karena itulah sifat mutlak dari programmer . Bagaimana mau jadi programmer kalau gagal sekali sudah menyerah . Karenanya bagi sobat ingin yang bercita-cita menjadi programmer jangan mudah putus asa . Indonesia membutuhkan lebih banyak programmer lagi untuk dapat bersaing dalam dunia ilmu teknologi .
2. Menguasai algoritma , sobat akan mengetahui pentingnya algoritma ketika beneran menjadi programmer
3. Menguasi bahasa pemrograman . Disarankan menguasai beberapa bahasa pemrograman misalnya menguasai VB , Java , C++ , dll .
4. Allahamdulillah bila sobat bisa bahasa inggris karena dalam sintak/script pada editor tidak menggunakan bahasa indonesia .
5. Coba , coba , dan coba lagi , bila program masih gagal atau error cari solusi jangan menyerah .

Ketika sobat merasa sudah menjadi programmer yang memadai , memulailah menjadi software enginner . Iya , profesi selanjutnya untuk lulusan RPL adalah Software Enginner

2. Software Engineer

Bukannya software enginner dan programmer sama ? Software enginner dan programmer menurut orang kebanyakan adalah profesi yang sama karena sama-sama merancang dan membuat software / program . Lalu kenapa saya tulis kalau sama ? Ya tentu kalau saya tulis berarti ada perbedaan . Perbedaan programmer dan software enginner terletak pada kreativitasnya . Ilustrasinya programmer dan software enginner sama-sama mendapatkan sebuah project . Programmer akan mengejarkan project itu sesuai permintaan kliennya , sedangkan software enginner akan mengejarkan project itu melebihi permintaannya , software enginner mampu merekayasa perangkat lunak menjadi lebih istimewa daripada programmer . lebih jelasnya , apa yang dilakukan software enginner ?

Tugas Software Enginner

1. Melakukan semua tugas yang dilakukan programmer
2. Merekomendasikan dan menerapkan metedologi terbaik dalam sebuah project pembuatan software

Kiat-kiat menjadi Software Enginner

1. Lebih gigih dan pantang menyerah karena level lebih tinggi daripada programmer
2. Memahami SDLC berdasarkan SWEBOK (requirement, design, implementation / constructuion , testing, dan maintenance)
3. Memahami metodologi software development seperti RUP , Agile , XP , Scrum , dll
4. Lebih kreatif
5. Belajar dari karya(software) orang lain yang menurut sobat istimewa .

 

3. Database Engineer / Database Administrator
Bagi perusahan kecil mungkin Database Engineer tidak terlalu dibutuhkan atau digabung dengan profesi programmer . Lain halnya dengan perusahaan yang memerlukan database yang besar misalnya shop online . Keberadaan Database engineer sangat diperlukan sebagai pengelola database . ingin tahu tugas database engineer ?

Tugas database engineer :

1. Merencanakan , mengembangkan , dan memelihara database
2. Desain database
3. Analisis data
4. Data modeling dan optimasi

Kiat-kiat menjadi Database Engineer :

1. Menguasai beberapa software yang menggunakan DBMS (Oracle , Sql Server , Acces , dll)

4. Web Engineer / Web Administrator

Mungkin inilah profesi yang akhir-akhir ini booming dan banyak orang belajar menjadi Web Engineer atau lebih akrabnya dengan Web Desaigner . Apakah ngeblog juga termasuk Web Engineer ? jawabannya adalah tidak , karena kebanyakan blog sekarang tidak merancang template sendiri melainkan hanya memakai template yang sudah jadi . Ketemu script hanya ketika ingin mengganti tulisan buka stylenya . Kalau bukan ngeblog , terus apa tugas Web Engineer ?

Tugas Web Engineer :

1. Merancang konsep layout (Wireframing)
2. Merancang konsep secara visual
3. Menulis srcipt HTML , CSS , Javascript pada editor sesuai konsep visual
4. Membuat susuna markup

Kiat-kiat menjadi Web Engineer :

1. Menguasai HTML , CSS , Javascript , dan bahasa pemrograman lain yang digunakan dalam membuat website
2. Belajar Desain / Edit foto (Photoshop / Corel Draw)
3. Menggunakan tools-tools untuk memperefektif waktu

4. Software Tester

Tugas utama software tester adalah melakukan pengecekan atau testing terdapa bug atau kesalahan di dalam sebuah program atau software . Menurut sobat mudah apa tidak menjadi software tester ? mudah kan ? kalau sobat mengira software tester pekerjaannya sangat mudah , sobat salah besar , justru software tester memiliki andil yang besar terhadap suksesnya sebuah software . Pada artikel selanjutnya saya akan coba mengulas bagaimana sulitnya menjadi software tester .


Software Development

Software Development mungkin agak berbeda dengan berbeda dengan programmer maupun software enginner . Perbedaan terletak bila programmer hanya membuat software , software development lebih pada bisnisnya . Bagaimana mengkomersilkan software . Software Development adalah penyempurna dari seorang programmer karena bagaimana cara software yang telah dirancang secara susah payah dapat dijual dan dijadikan uang .

Tugas Software Development :

1. Memasarkan software

Kiat-kiat menjadi software development

1. Belajar ilmu manajemen karena ini penting
2. Membuat software apa yang diperlukan dalam kehidupan
3. Memperbanyak komunikasi dan relasi
4. Marketting harus handal


Web Development

Setelah ada diatas saya tulis Web Engineer , selanjutnya ada Web Development . Tugas Web Development pun sama dengan software development . Bagaimana cara perangkat lunak yang dibuat dapat dijadikan menjadi uang . Kiat-kiatnya pun sama dengan software development .


Game Developer

Bagi sobat pecinta game , sampai kapan main game terus ? belajarlah menjadi game developer , sobat tidak akan merasakan bagaimana sensasi memainkan game buatan sendiri bila tidak mencoba membuatnya . Hilangkan perasaan takut gamenya jelek , gagal , toh yang namanya belajar pasti pernah mengalami fase kegagalan . Untuk belajar membuat game saya saran kan menggunakan software Construct 2 karena mudah tanpa coding dan hasilnya dapat langsung sobat export ke berbagai platform . Sobat dapat menghubungi saya bila ingin bertanya dan diskusi mengenai Construct 2 . Inyaallah akan saya berikan solusinya .

Kiat-kiat menjadi game developer :

1. Pantang menyerah
2. Membuat konsep sebelum memulai membuat game
3. Buatlah game yang menunukkan identas negara sobat , yakni Indonesia tercinta .


System Analysist

System Analsysist adalah kunci dalam pengembangan sistem . Sistem analisys bekerja sama dengan programmer dan software tester . Lalu apakah tugas system anaiysist ?

Tugas system analysist :

1. Menganalisis data-data yang diperoleh dari programmer maupun software tester
2. Memeberikan saran terbaik kepada programmer agar software menjadi lebih baik lagi .

Kiat-kiat menjadi system analysist :

1. Biasakan bekerja dengan team
2. Tanggung jawab adalah keberkahan
3. Tulis semua data yang diperoleh dari programmer


Konsultan IT

ugas konsultant IT adalah menyelesaikan masalah client , maupun memenuhi keingingan klient . Misalnya saja suatu perusahan ingin membuat website company profile , dan sobat dapat menawarkan diri sobat sebagai Konsultan IT untuk membuat website company profile dengan harga sesuai kesepakan .

Kiat-kiat menjadi konsultan IT :

1. Dengarkan permintaan klien dengan seksama
2. Jangan kecewakan client hanya dengan tidak tepat waktu
3. Bila terdapat error pada project , katakan kalau sobat mampu memperbaikinya , hanya saja masih perlu waktu untuk mencari permasalah dan solusinya .

Dengan Masuk jurusan RPL SMKN 12 Malang Maka anda tidak usah pusing mencari pekerjaan cukup di depan laptop, programing, koneksi internet maka uang pun datang sendiri kepada anda. dan siap raih mimpi anda .

sumber: http://smkn12malang.sch.id/1/index.php/kompetensi-keahlian/37-rekayasa-perangkat-lunak/182-masuk-di-jurusan-rpl-nanti-kerja-apa-sih

KOMENTAR / PERTANYAAN What is on your mind? Silahkan tulis di sini...

Back to Top